PUSKESMAS NGADIROJO KABUPATEN PACITAN DINILAI SEBAGAI PUSKESMAS BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI JATIM TAHUN 2015

[Kamis, 21 Mei 2015]

Arah pembangunan kesehatan adalah terselenggaranya pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata dengan memberikan perhatian khususnya pada penduduk miskin, anak-anak dan usia lanjut. Langkah tersebut telah dirintis dengan pembangunan puskesmas. Keberhasilan pelayanan kesehatan melalui puskesmas memberikan kontribusi yang cukup besar didalam mewujudkan derajat kesehatan, berbagai masalah yang timbul telah dicoba diatasi dengan kebijakan dasar puskesmas yang merupakan bagian reformasi kesehatan hingga akhirnya mengantarkan puskesmas Ngadirojo Kabupaten Pacitan sebagai puskesmas berprestasi tahun 2015, Puskesmas Ngadirojo Kabupaten Pacitan berhasil masuk nominasi penilaian Puskesmas Berprestasi Tingkat Propinsi Jatim tahun 2015 dan pada tanggal 19 Mei 2015 dilakukan penilaian oleh Tim Tingkat Propinsi Jawa Timur.

Penilaian Puskesmas berprsetasi merupakan salah satu upaya membangun semangat puskesmas dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan berbudaya kerja bagi petugas puskesmas. Sedangkan tujuan mengikuti penilaian ini untuk membangun semangat puskesmas dalam meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan , meningkatkan kinerja dan merupakan salah satu bentuk dukungan Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam menumbuhkan kompetensi yang sehat antar puskesmas serta sebagai persiapan akreditasi puskesmas.

Tim Penilai secara resmi diterima oleh Bupati Pacitan, dalam sambutannya Bupati Pacitan berharap Tim penilai dapat melihat keadaan yang sebenarnya, bahwa kabupaten Pacitan dengan segala kekurangan dan potensi yang ada, mudah-mudahan tidak kalah dengan kabupaten/ kota lain yang lebih dahulu dinilai. Pembangunan kesehatan di kabupaten Pacitan, lebih ditekankan pada partisipasi masyarakat dalam upaya mewujudkan masyarakat Pacitan yang sehat dan berperilaku hidup bersih dan sehat. Dengan mengedepankan fungsi puskesmas sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan dan pusat pembangunan berwawasan kesehatan sehingga betul-betul dapat mendukung pencapaian sasaran yaitu terwujudnya masyarakat Pacitan yang sehat dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *