Juni 30, 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

Atasi DBD Dinkes Gencarkan Fogging dan Penyelidikan Epidemiologi

1 min read

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan kembali giatkan fogging dengan menggandeng pihak Kelurahan, Babinsa, dan Ketua RT setempat menyusuri daerah Lingkungan Purwoharjo, Kelurahan Baleharjo, Selasa (25/01).

Langkah tersebut diambil oleh Dinkes lantaran menindaklanjuti laporan masyarakat yang mana terdapat 3 pasien dengan gejala demam mengarah ke Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Baleharjo.

Dari hasil Penyelidikan Epidemiologi (PE) menunjukkan bahwa diperlukan rutin PSN dan diperlukan tindak lanjut dengan diberikan pengasapan/fogging.

“Hari ini, Rabu (26/01) kita lakukan fogging di Desa Gemaharjo, selanjutnya Desa Widoro dan SMAN 1 Pacitan,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, dr. TH Hendra Purwaka.

Dirinya juga menyampaikan terkait persoalan DBD yang sedang marak terjadi, Dinkes tak akan tinggal diam dan terus berupaya untuk menangani kasus DBD tersebut agar tidak meluas dan terputusnya mata rantai penularan.

Yaitu dengan terus melakukan Penyelidikan Epidemiologi, Pemasifan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), dan mempromosikan 3M Plus (Menguras, Menutup, Mengubur).

Mengemban amanah Bupati Pacitan yaitu penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kabupaten kurang dari 24 jam, “Dinkes akan segera melakukan penanganan dan meningkatkan peran serta masyarakat, lintas sektor, kader jumantik, kader pentas dan seluruh nakes di wilayah kerja Puskesmas.” terang dr. Hendra. (Dinkes/PemkabPacitan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan | Newsphere by AF themes.