Mei 26, 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

Dinkes Pacitan; Penggerak Pariwisata Sehat

2 min read

Sentono Gentong yang terletak di Desa Dadapan merupakan salah satu wisata di Kabupaten Pacitan yang sudah menerapkan kawasan wisata edukasi sehat. Pasalnya kawasan wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tugu Kuning Dadapan tersebut menghadirkan sebuah inovasi berupa paket wisata dengan pilihan menarik, seperti paket wisata Desa siaga, Kelas edukasi remaja, Kampung KB, dan Enjoy your Sunrise.

Sektor pariwisata memang menjadi salah satu andalan pemerintah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dan pelaku usahanya. Apalagi objek wisata tersebut mempunyai potensi yang dapat dikembangkan sebagai wisata yang mengandung nilai edukasi.

Selaras dengan Misi Bupati yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor agraris, sektor pariwisata, serta sektor unggulan lainnya, ada beberapa syarat yang diperlukan dalam menuju Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat yang harus dimiliki.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim Kabupaten Pacitan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan selaku motor penggeraknya, menggandeng Forum Kabupaten Sehat dan stakeholder terkait menilai bahwa dari 16 indikator Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat, Desa Dadapan dinilai sudah sangat baik, hanya tinggal 1 indikator yang perlu diperhatikan lagi.

Koordinator Tim Verifikasi Kabupaten, Ardyan Wahyudi mengatakan, penilaian Kawasan Pariwisata Sehat adalah sektor pariwisata yang sudah mencakup keseluruhan indikator penilaian, dimana salah satunya adalah jaminan asuransi jiwa.

“Kawasan wisata Sentono Gentong ini bisa menjadi kawasan wisata yang menarik apabila inovasi demi inovasi selalu diberikan dalam pengembangannya,” ungkap Ardyan.

Sementara itu Kepala Desa Dadapan, Ismono menjelaskan terkait dengan perlindungan asuransi jiwa sudah dalam proses agar bisa menjadi satu paket dalam tiket masuk, hal itu dilakukan sebagai upaya memberikan kenyamanan dan pelayanan maksimal kepada pengunjung. (DinkesPacitan/DiskominfoPacitan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.