Juni 30, 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

Isi Kekosongan Nakes Sesuai dengan Kebutuhan

1 min read

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan tahun ini menggelar kembali pertemuan perencanaan kebutuhan (renbut) sebagai analisa kebutuhan tenaga kesehatan di wilayah kerja Puskesmas se-Kabupaten Pacitan.

Perencanaan kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) sendiri merupakan proses sistematis dalam upaya menetapkan jumlah dan kualifikasi SDMK yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi wilayah.

“Melalui hasil renbut nantinya akan diperoleh gambaran jumlah, jenis, dan kualifikasi tenaga yang tepat di fasilitas pelayanan kesehatan berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja,” terang dr. Hendra Purwaka, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan.

Lebih lanjut, dr. Hendra menjelaskan perencanaan harus didasarkan kebutuhan nyata, bukan keinginan. “Sehingga akan dicapai perencanaan yang efisien, efektif dan lebih terukur,” imbuhnya.

Sampai dengan saat ini kebutuhan SDMK di Kabupaten Pacitan memang masih memerlukan perhatian khusus.

Hal tersebut beriringan dengan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah purna tugas, dan dari kekosongan tersebut nantinya akan dijadikan dasar rencana pengusulan tenaga kesehatan tambahan untuk tahun mendatang.

“Dalam upaya membangun kesehatan masyarakat diperlukan upaya pemenuhan tenaga kesehatan yang komprehensif, salah satunya adalah dengan penyediaan sumber daya manusia kesehatan yang kompeten dan merata di setiap fasilitas pelayanan kesehatan,” imbuh dr. Hendra.

Sejalan dengan amanat Bupati Pacitan yaitu dalam menciptakan birokrasi pemerintahan yang inovatif, profesional, dan melayani di Kabupaten Pacitan. (Dinkes/PemkabPacitan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan | Newsphere by AF themes.