Januari 29, 2023

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

Pacitan Tuan Rumah Hari Aids; Harus Jadi Role Model Pencegahan dan Penanggulangan

2 min read

World Aids Day 2022 yang dilaksanakan hari ini Sabtu (03/12) oleh Himpunan Perusahaan Peraih Penghargaan Program P2HIV Aids (HIPPHA) Jawa Timur memilih Kabupaten Pacitan sebagai tuan rumah puncak kegiatan.

Sesuai arti, Kata “Equalize” yang terpampang di tema nasional, “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri Aids” dengan blok merah menyala harus benar-benar menyamakan.

Menyamakan hak penyandang HIV dan Aids sebagai sesama manusia. Menghapus stigma sehingga tidak ada diskriminasi sosial ditengah-tengah masyarakat.

“Sebenarnya rencana sudah dirancang sejak bulan Oktober kemarin. Hari ini, meski hujan tetap semangat,” kata Soni Lesmana, Ketua HIPPHA Jatim.

Dirinya mengaku bersyukur, puncak acara yang gelar dipilih di Pacitan ini disambut dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat.

HIPPHA mendorong terhadap karyawan dan karyawati perusahaan untuk melangkah aktif terhadap masyarakat, untuk kampanye berperilaku sehat tanpa HIV maupun Narkoba. Karena pihaknya meyakini bahwa masyarakat sehat negara kuat.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan dr. Hendra Purwaka mengatakan dibutuhkan kekompakan dan dukungan masyarakat dan utamanya pembina. Supaya para penyandang dan masyarakat dapat hidup berdampingan. “Ini bisa meminimalisir

penyebaran,” ujar Hendra.

Dirinya juga mengaku kegiatan World Aids Day sempat vakum di masa Pandemi Covid-19. Kini dirinya mengharapkan momentum seperti ini kembali rutin dilakukan.

Mewakili Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji yang berhalangan hadir, Sekda Pacitan Heru Wiwoho menegaskan, sigma negatif mesti hilang utamanya di bumi Pacitan. “Bersama kita harus memberikan pengetahuan, penularan dan penyakit HIV-AIDS,” katanya di kesempatan yang sama.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Efi Indrata Nur Bayuaji, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan mengatakan pihaknya akan melakukan upaya pendekatan dan penguatan terhadap perempuan sebagai kaum rentan. “Seminar untuk edukasi HIV dan Aids harus dilakukan masif,” ungkap dia. terakhir ditambah

Serangkaian acara peringatan puncak acara peringatan Hari Aids Sedunia ini didukung oleh HIPPHA jawa Timur, Dinas Kesehatan, KPAD Pacitan, PLTU Pacitan, PPIS Pacitan dan Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Kabupaten Pacitan. (PemkabPacitan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan | Newsphere by AF themes.