Juni 30, 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

Ratusan Pekerja Pabrik Rokok Terima Konseling dan Cek Kesehatan Gratis

1 min read

DINKES: Sekitar 240 pekerja pabrik rokok PT Putera Pacitan Indonesia Sejahtera (PPIS) menjalani pemeriksaan penyakit menular (P2M) dan tidak menular (PTM) pada Jumat (17/06) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, dr. Hendra Purwaka menilai buruh dan karyawan pabrik rokok sangat berisiko terpapar dampak negatif tembakau berkumpul dengan banyak orang dalam ruangan tertutup, tingkat stress yang tinggi akibat pekerjaan.

“Buruh dan karyawan pabrik rokok sangat beresiko terpapar dampak negatif dari pekerjaan, Maka perlu dilakukan screening secara dini mampu menemukan kasus-kasus seperti Hypertensi, Diabetes Melitus, TBC dan HIV sehingga bisa segera tertangani dan dapat menurunkan angka kematian,” terang dr. Hendra.

Selain itu, dengan diberikannya pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan dirinya berharap cakupan kinerja dapat meningkat dan menurunkan angka kejadian PTM dan P2M sekaligus memutuskan mata rantai penularannya.

Pemberian Vitamin C secara simbolis diserahkan oleh Kadinkes Pacitan kepada Manajer PT PPIS, dan sebanyak 1.500 Vitamin C tersebut telah didistribusikan untuk masing-masing pekerja dan buruh pabrik.

Tak hanya itu, Dinkes juga memberikan penyuluhan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat), Kesehatan Kerja, dan Inspeksi Visual Asetat (IVA Sadanis) kepada para pekerja khususnya pekerja perempuan. “Adanya penyuluhan yang diberikan semoga mampu meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan untuk selalu menjaga dan memeriksakan kesehatan secara rutin” imbuh dr. Hendra.

Hal tersebut senada dengan Bupati Pacitan dalam membangun Kabupaten Pacitan yang sejahtera dan bahagia melalui birokrasi pemerintah yang profesional dan melayani. (Dinkes/PemkabPacitan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan | Newsphere by AF themes.