Mei 26, 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

Sunat Masal; Terjunkan Mantri Terbaik

2 min read

Puluhan anak bersiap meninggalkan masa kanak-kanaknya menuju masa remaja. Pagi tadi puluhan anak dari berbagai Sekolah Dasar menuju Gedung Karya Dharma untuk melaksanakan khitan. Wajah mereka tampak antusias, meski disertai rasa gelisah yang menyelimuti, membayangkan bagaimana tajamnya Sirkumsisi Set bapak Mantri.

Bukan hanya sekedar kewajiban dalam agama islam atau budaya tertentu, nyatanya sunat memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan. Bagi anak yang sudah melakukan khitan, seperti penelitian Sirkumsisi bisa menurunkan risiko terjadinya infeksi pada saluran kemih, menjaga terjadinya radang kepala penis (Balanitis) dan radang kelenjar penis (Balanopostitis).

BASKARA CATUR RAHARJO, SKM.,MM, selaku Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Manusia Dinas Kesehatan Pacitan menyampaikan, pelaksanaan khitan masal ini dilakukan rutin setiap tahun dan diberikan gratis kepada anak-anak yang ingin melakukan khitan bekerjasama dengan Badan Amir Zakat Nasional (BAZNAZ). “Ada 3 titik lokasi yang nantinya akan diselenggarakan dan salah satunya di Karya Dharma,” terangnya.

Kegiatan ini melibatkan 28 Tenaga Kesehatan, terdiri dari RSUD dan Puskesmas terdekat. Dalam mendukung kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan memberikan obat berstandar secara gratis kepada peserta sunat.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun oleh tim (Dinas kesehatan Kabupaten Pacitan), 90 anak Sekolah Dasar yang terdaftar, telah melaksanakan khitan di Gedung Karya Dharma. Sementara di dua titik yang lain, yakni di Kecamatan Bandar dan Nawangan diikuti sebanyak 27 dan 23 peserta dan dilaksanakn secara serentak.

Data yang diambil melalui penjaringan di sekolah-sekolah se-Kabupaten Pacitan dan diusahakan akan ada kegiatan khitan massal selanjutnya menyesuaikan dengan kondisi setempat.

Hal itu sejalan dengan mandat dari Bupati Pacitan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan berupaya semaksimal mungkin dalam Menciptakan Birokrasi Pemerintah yang Inovatif, Profesional, dan Melayani demi terciptanya masyarakat Pacitan sejahtera dan bahagia. (DinkesPacitan/DiskominfoPacitan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.