Tugas dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KESEHATAN

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Pacitan, Dinas Kesehatan adalah Perangkat Daerah tipe A yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kesehatan. Ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Pacitan Nomor 194 Tahun 2021 Daerah tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Susunan Organisasi, Serta Tata Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan. Dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Kesehatan mempunyai fungsi membantu bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan Bidang Kesehatan yang meliputi kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, pelayanan dan sumber daya kesehatan, serta tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 3, menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, serta pelaksanaan administrasi kesehatan masyarakat.
  2. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, serta pelaksanaan administrasi pencegahan dan pengendalian penyakit.
  3. Perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan, serta pelaksanaan administrasi pelayanan dan sumber daya kesehatan; dan
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Susunan Organisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan sesuai Peraturan Bupati Pacitan terdiri dari :

  1. Sekretariat;
  2. Bidang Kesehatan Masyarakat;
  3. Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit;
  4. Bidang Pelayanan Kesehatan;
  5. Bidang Sumber daya Kesehatan;
  6. UOBK & UPT Dinas; dan
  7. Kelompok Jabatan Fungsional.