Tujuan

  1. Terwujudnya optimalisasi pelayanan PSC 119, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan medis dan mempercepat waktu penanganan (respon time) pada korban/pasien gawat darurat dan menurunkan angka kematian serta kecacatan.
  2. Menjamin akses masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medis yang berada di Kabupaten Pacitan secara cepat dan tepat selama 24 jam secara terus menerus kepada masyarakat yang membutuhkan.

Manfaat

  1. Memberikan penanganan secara cepat dan tepat pada semua jenis kegawatdaruratan sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan sebelum dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat
  2. Memberikan penanganan dengan mengedepankan pelayanan yang dapat meminimalisir response time atau waktu penanganan agar risiko risiko buruk yang mungkin terjadi semakin terminimalisir.
  3. Memberikan pelayanan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) pada kegiatan mengumpulkan massa yang banyak seperti even even olah raga, kesenian, pengajian, bakti sosial, tim kesehatan kesiapsiagaan bidang kesehatan hari raya idul fitri, hari natal dan tahun baru.

 

 

Data pemanfaatan layanan PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

DATA PELAYANAN PSC 119 TAHUN 2022

NO

BULAN NON TRAUMA TRAUMA KKL TRAUMA NON KKL

RUJUKAN

1 JANUARI 5 2 1 8
2 PEBRUARI 3 1 0 4
3 MARET 5 3 2 10
4 APRIL 3 0 0 3
5 MEI 7 3 2 12
6 JUNI 5 0 0 5
7 JULI 5 2 2 9
8 AGUSTUS 5 4 4 13
9 SEPTEMBER 7 4 0 11
10 OKTOBER 5 1 3 9
11 NOPEMBER 10 5 2 17
12 DESEMBER 8 3 3 14
JUMLAH 68 28 19 115

 

DATA PELAYANAN PSC 119 TAHUN 2023

NO

BULAN NON TRAUMA TRAUMA KKL TRAUMA NON KKL

RUJUKAN

1 JANUARI 13 3 1 17
2 PEBRUARI 10 6 0 16
3 MARET 10 7 0 16
4 APRIL 11 9 0 19
5 MEI 12 10 0 22
6 JUNI 13 8 3 18
7 JULI 8 10 2 16
8 AGUSTUS 4 13 1 17
9 SEPTEMBER 8 14 5 21
10 OKTOBER 8 3 5 13
11 NOPEMBER 8 4 4 12
12 DESEMBER 14 12 2 26
JUMLAH 119 99 23 213

 

DATA PELAYANAN PSC 119 TAHUN 2024

NO BULAN NON TRAUMA TRAUMA KKL TRAUMA NON KKL

RUJUKAN

1 JANUARI 7 13 3 23
2 PEBRUARI 13 14 4 31
3 MARET 14 4 2 20
4 APRIL 17 16 3 35
5 MEI 8 8 2 21
6 JUNI 10 24 5 40
7 JULI 8 14 2 26
8 AGUSTUS 10 21 5 39
9 SEPTEMBER 11 31 4 47
10 OKTOBER 13 13 3 30
11 NOPEMBER 16 10 6 35
12 DESEMBER 23 23 1 47
JUMLAH 150 191 40 394

 

Dari data di atas layanan PSC 119 setiap tahun mengalami peningkatan, dan pada tahun 2024 peningkatan pelayanannya sangat signifikan. Peningkatan paling banyak pada kasus trauma Kll, dimana dari tahun ke tahun jumlah kasusnya mengalami

kenaikan yang cukup tinggi mencapai 92,93 persen. Sedangkan untuk kasus non trauma dan trauma non KKL juga meningkat tapi tidak setinggi pada kasus trauma KKL.

Kegiatan pelayanan PSC 119 selain kasus diatas juga melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) pada kegiatan mengumpulkan massa yang banyak seperti even even olah raga, kesenian, pengajian, bakti sosial, tim kesehatan kesiapsiagaan bidang kesehatan hari raya idul fitri, hari natal dan tahun baru dan sebagai tim kesehatan pendamping Paskibraka yang rutin tiap tahunnya