Tujuan
- Terwujudnya optimalisasi pelayanan PSC 119, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan medis dan mempercepat waktu penanganan (respon time) pada korban/pasien gawat darurat dan menurunkan angka kematian serta kecacatan.
- Menjamin akses masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan medis yang berada di Kabupaten Pacitan secara cepat dan tepat selama 24 jam secara terus menerus kepada masyarakat yang membutuhkan.
Manfaat
- Memberikan penanganan secara cepat dan tepat pada semua jenis kegawatdaruratan sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan sebelum dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat
- Memberikan penanganan dengan mengedepankan pelayanan yang dapat meminimalisir response time atau waktu penanganan agar risiko risiko buruk yang mungkin terjadi semakin terminimalisir.
- Memberikan pelayanan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) pada kegiatan mengumpulkan massa yang banyak seperti even even olah raga, kesenian, pengajian, bakti sosial, tim kesehatan kesiapsiagaan bidang kesehatan hari raya idul fitri, hari natal dan tahun baru.
Data pemanfaatan layanan PSC 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan
DATA PELAYANAN PSC 119 TAHUN 2022
NO |
BULAN | NON TRAUMA | TRAUMA KKL | TRAUMA NON KKL |
RUJUKAN |
1 | JANUARI | 5 | 2 | 1 | 8 |
2 | PEBRUARI | 3 | 1 | 0 | 4 |
3 | MARET | 5 | 3 | 2 | 10 |
4 | APRIL | 3 | 0 | 0 | 3 |
5 | MEI | 7 | 3 | 2 | 12 |
6 | JUNI | 5 | 0 | 0 | 5 |
7 | JULI | 5 | 2 | 2 | 9 |
8 | AGUSTUS | 5 | 4 | 4 | 13 |
9 | SEPTEMBER | 7 | 4 | 0 | 11 |
10 | OKTOBER | 5 | 1 | 3 | 9 |
11 | NOPEMBER | 10 | 5 | 2 | 17 |
12 | DESEMBER | 8 | 3 | 3 | 14 |
JUMLAH | 68 | 28 | 19 | 115 |
DATA PELAYANAN PSC 119 TAHUN 2023
NO |
BULAN | NON TRAUMA | TRAUMA KKL | TRAUMA NON KKL |
RUJUKAN |
1 | JANUARI | 13 | 3 | 1 | 17 |
2 | PEBRUARI | 10 | 6 | 0 | 16 |
3 | MARET | 10 | 7 | 0 | 16 |
4 | APRIL | 11 | 9 | 0 | 19 |
5 | MEI | 12 | 10 | 0 | 22 |
6 | JUNI | 13 | 8 | 3 | 18 |
7 | JULI | 8 | 10 | 2 | 16 |
8 | AGUSTUS | 4 | 13 | 1 | 17 |
9 | SEPTEMBER | 8 | 14 | 5 | 21 |
10 | OKTOBER | 8 | 3 | 5 | 13 |
11 | NOPEMBER | 8 | 4 | 4 | 12 |
12 | DESEMBER | 14 | 12 | 2 | 26 |
JUMLAH | 119 | 99 | 23 | 213 |
DATA PELAYANAN PSC 119 TAHUN 2024
NO | BULAN | NON TRAUMA | TRAUMA KKL | TRAUMA NON KKL |
RUJUKAN |
1 | JANUARI | 7 | 13 | 3 | 23 |
2 | PEBRUARI | 13 | 14 | 4 | 31 |
3 | MARET | 14 | 4 | 2 | 20 |
4 | APRIL | 17 | 16 | 3 | 35 |
5 | MEI | 8 | 8 | 2 | 21 |
6 | JUNI | 10 | 24 | 5 | 40 |
7 | JULI | 8 | 14 | 2 | 26 |
8 | AGUSTUS | 10 | 21 | 5 | 39 |
9 | SEPTEMBER | 11 | 31 | 4 | 47 |
10 | OKTOBER | 13 | 13 | 3 | 30 |
11 | NOPEMBER | 16 | 10 | 6 | 35 |
12 | DESEMBER | 23 | 23 | 1 | 47 |
JUMLAH | 150 | 191 | 40 | 394 |
Dari data di atas layanan PSC 119 setiap tahun mengalami peningkatan, dan pada tahun 2024 peningkatan pelayanannya sangat signifikan. Peningkatan paling banyak pada kasus trauma Kll, dimana dari tahun ke tahun jumlah kasusnya mengalami
kenaikan yang cukup tinggi mencapai 92,93 persen. Sedangkan untuk kasus non trauma dan trauma non KKL juga meningkat tapi tidak setinggi pada kasus trauma KKL.
Kegiatan pelayanan PSC 119 selain kasus diatas juga melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) pada kegiatan mengumpulkan massa yang banyak seperti even even olah raga, kesenian, pengajian, bakti sosial, tim kesehatan kesiapsiagaan bidang kesehatan hari raya idul fitri, hari natal dan tahun baru dan sebagai tim kesehatan pendamping Paskibraka yang rutin tiap tahunnya