Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan. Dalam rangka mendukung penerapan Posyandu Integrasi Layanan Primer, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengadakan Lomba Posyandu Pelaksana Inovasi Terbaik. Lomba ini diikuti oleh seluruh posyandu di Jawa Timur.

Diantara posyandu di Jawa Timur yang mengikuti lomba tersebut, Posyandu Kencana Desa PagerKidul Kec. Sudimoro Kabupaten Pacitan terpilih menjadi Juara II. Inovasi yang telah dilakukan di Posyandu Kencana antara lain program Baby Star dan Srikandi TB.

Baby STAR adalah program untuk merubah kebiasaan dengan tidak menghilangkan budaya tengok bayi yang sudah ada, yaitu tamu yang datang tidak sampai masuk ke kamar bayi serta meniadakan suguhan rokok, sedangkan Srikandi TB adalah rangkaian kegiatan dengan melibatkan partisipasi aktif kader dalam menemukan terduga penderita penyakit Tubercolosis.

Pemerintah Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan terus berusaha agar posyandu-posyandu di Kabupaten Pacitan lainnya terus berinovasi mendukung terlaksananya posyandu Integrasi Layanan Primer demi masyarakat yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *