Selasa, 19 September 2023, telah dilaksanakan kegiatan Rembug dan Advokasi STBM 5 Pilar Bersama Bupari Pacitan dan 172 Kepala Desa, OPD serta lintas sector terkait. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pemberdayaan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat dengan 5 pilar yaitu: Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangana Pakai Sabun, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

                 Dalam pelaksanaan STBM, tidak hanya Dinas Kesehatan yang punya peranan penting, namun peran serta OPD dan stakeholder terkait, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang mendorong pemerintahan desa unntuk berperan aktif. Dnas PUPR yang melaksanakan pembangunan sarana sanitasi dan air minum untuk mendukung STBM. DLH dalam upaya tata laksana pengelolaan sampah, organisasi dan Lembaga kemasyarakatan seperti PKK, Aisyiah dan Muslimat serta Lembaga keuangan mikro seperti BPR Bank UMKM Jawa Timur yang menyediakan kredit air dan sanitasi bagi masyarakat serta Lembaga infak seperti LMI yang mempunyai program bantuan air bersih dan jamban keluarga.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji juga mendorong seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Pacitan deklarasi STBM. Karena untuk saait ini dari 172 desa/kelurahan di Kabupaten Pacitan baru 53 desa/kelurahan yang sudah deklarasi STBM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *