Dukung Kesehatan Bagi 1.200 Pekerja Pabrik Rokok Pacitan

Ribuan paket vitamin berjenis Becefort dibawa petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan untuk disalurkan kepada sejumlah pekerja pabrik rokok PT Putera Pacitan Indonesia Sejahtera (PPIS), Jumat (10/11) kemarin. Pemberian vitamin ini dilakukan untuk melindungi stamina dan menjaga kesehatan pekerja yang setiap harinya mengolah tembakau.

Debu tembakau dalam proses pemotongan maupun produksi rokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Selain perokok pasif, mereka juga rentan terkena gangguan kesehatan karena hampir setiap hari berhubungan dengan tembakau.

Guna memastikan pekerja terjamin kesehatannya petugas melakukan screening dan penyuluhan kesehatan hingga pemberian paket vitamin kepada para pekerja. Pemberian paket vitamin tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Kesehatan Pacitan didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Kepala Puskesmas Tanjungsari kepada Direktur PT PPIS kemudian dilanjutkan dengan penyerahan vitamin oleh direktur kepada pekerja.

“Pemeriksaan kesehatan sebenarnya harus diberikan secara periodik tanpa harus menunggu sakit, apalagi mereka semua setiap hari bergelut dengan tembakau,” ucap dr. TH Hendra Purwaka, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan.

Tak hanya mendapatkan vitamin sejumlah pekerja yang hampir seluruhnya kaum perempuan ini juga mendapatkan penyuluhan kesehatan terkait kesehatan reproduksi dan pentingnya gizi bagi tenaga kerja wanita oleh petugas. dr. TH Hendra Purwaka,MPPM. menambahakan, “Kami juga sudah menyiapkan petugas medis untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear untuk mendeteksi kanker leher rahim bagi para pekerja, khususnya perempuan,”.

Pemberian paket vitamin dan penyuluhan kesehatan ini sepenuhnya ditanggung Dinas Kesehatan atas Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dan sebagai imbal baliknya dana tersebut diperuntukkan kepada pekerja pabrik rokok di Pacitan. (DinkesPacitan/DiskominfoPacitan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *