Sel. Mei 26th, 2020

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

Cegah Virus Corona (COVID-19) Dengan PHBS

Demo cuci tangan bersama

Kampanye Pacitan Sehat yang diadakan di Alun-Alun Kabupaten Pacitan pada hari minggu kemarin (04/03/2020) terselenggara dengan baik. Meskipun sempat diguyur hujan antusiasme para peserta dan juga masyarakat yang hadir tetap meriah dan penuh semangat.

Acara dimulai dengan pembacaan Sholawat Tibil Qulub yang dilanjutkan demo cuci tangan dengan benar dari RSUD dr.Darsono Kabupaten Pacitan dan kemudian senam bersama. Pada acara tersebut juga dihadiri Bupati Pacitan Drs.Indartato, MM, Komandan Kodim 0801 Letjen Inf. Nuri Wahyudi, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, dan Perwakilan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan juga Masyarakat yang turut serta hadir dalam memeriahkan kegiatan tersebut.

Demo Cuci Tangan dengan Benar secara serentak

Kewaspadaan masyarakat terkait Virus Corona / 2019 Novel Coronavirus atau yang sering disebut Covid-19 yang saat ini sedang mewabah di China dan beberapa negara termasuk juga baru-baru ini masuk ke Indonesia seakan membuat masyarakat merasa khawatir dan cemas berlebih. Seperti apa yang telah dikatakan Kapolres Pacitan AKBP Didik Didik Hariyanto pada acara Kampanye Sehat kemarin (04/03/2020) untuk menyikapi masalah tersebut secara wajar, tidak panik, dan tetap waspada. Masyarakat juga diminta untuk tidak langsung percaya berita/informasi secara mentah-mentah untuk disaring benar atau tidaknya sekiranya agar tidak menimbulkan berita palsu/hoax.

Bapak Bupati Pacitan, Drs. Indartato, MM juga menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat selalu waspada tetapi tidak perlu khawatir apalagi cemas secara berlebih dengan penyebaran virus Corona/Covid-19 yang sedang terjadi, karena kita bisa melakukan upaya pencegahan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti cuci tangan pakai sabun, pola hidup bersih, konsumsi makanan bergizi, aktifitas fisik, dan istirahat yang cukup untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu kita bisa selangkah lebih dalam mencegah tertularnya COVID-19 yang sedang terjadi.

Diharapkan dengan digelarnya acara tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang apa itu Virus Corona(Covid-19) dan juga upaya penanganan preventif agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh Covid-19 dengan cara penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun. Salam Sehat!

Dashboard Pernikahan Anak