Agustus 17, 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan

JL. Sasuit Tubun No. 01 Pacitan Jawa Timur. Telp. (0357) 885 145

ORIENTASI PONDOK PESANTREN OLEH DINAS KESEHATAN KAB. PACITAN

1 min read

Kegiatan pendampingan poskestren dilakukan untuk meningkatkan tingkat kemandirian bagi seluruh penduduk di pondok pesantren untuk mengidentifikasi masalah yang ada di pondok terutama terkait dengan masalah kesehatan, sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah kesehatan secara mandiri melalui upaya promotif dan preventif. Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang pendamping diharuskan untuk mengerti tentang tugas dan peran apa yang harus dilakukan selama penyelenggaraan pendampingan di pondok pesantren.

Kegiatan orientasi pendampingan poskestren diperlukan untuk memeperkenalkan tahapan apa yang dilakukan pada kegiatan pendampingan. Dimulai dengan pembekalan konsep poskestren, peran organisasi masyarakat keagamaan, survey mawas diri (SMD), tugas – tugas kader pendamping dan pelaporan hasil kegiatan. Dengan adanya kegiatan orientasi pendampingan poskestren diharapkan para ormas pendamping dapat melakukan tugasnya dengan optimal sehingga target capaian kemandirian posketren meningkat.

Kegiatan Orientasi Pendampingan Poskestren dilakukan di Ruang pertemuan Hotel Srikandi pada tanggal 5 Oktober 2021. Peserta kegiatan terdiri dari Petugas Promkes dari 9 Puskesmas, Pendamping Poskestren yang terdiri dari unsur Ormas keagamaan Muslimat dan pengurus pondok dari 13 Pondok Pesantren yakni Pondok Al Fatah Kikil, IbNu Umar, Miftahul Huda, Nadhatulsubban, dan Istiqomah, Nurul Huda, Nurrudolam, Al Falah , Treamas, Wates, Al Anwar, Al Fattah , Al Ishlah). Dalam Kegiatan Orientasi Pendampingan Poskestren dipaparkan beberapa materi kesehatan seperti Sanitasi Pondok Pesantren, Konsep penyelenggaraan Poskestren serta pencegahan penyakit di Pondok pesantren, materi yang menjadi pokok utama yakni germas di Pondok Pesantren dan  upya pencegahan penyebaran penyakit COVID 19 dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan | Newsphere by AF themes.